WhatsApp Dikabarkan Akan Rilis Fitur Voice Message Transcripts

Jakarta – WhatsApp dikabarkan segera menyediakan fitur Voice Message Transcripts (transkrip pesan suara) di platform Android setelah ini hadir di platform iOS mulai Mei 2023. Dari fitur ini pengguna bisa mengubah pesan suara menjadi teks tanpa memutarnya dahulu.

Dengan begitu pengguna yang sedang sibuk atau dalam kondisi bising yang tidak bisa mendengar pesan suara akan lebih jelas.

Penyediaan fitur Voice Message Transcripts oleh WhatsApp di Android diinformasikan oleh TheSpAndroid. Lembaga ini menemukan baris kode di WhatsApp Beta versi 2.24.7.7.

Untuk menikmati fitur Voice Message Transcripts bisa dilakukan pengguna dengan mengunduh data sebesar 150 Mega Byte (MB).

Baris kode juga menyebut ‘Read before you listen with transcripts’ (Baca sebelum Anda mendengar dengan transkrip) dan ‘WhatsApp uses your device’s speech recognition to provide end-to-end encrypted transcripts’ (WhatsApp menggunakan teknologi pengenalan ucapan perangkat Anda untuk menyediakan transkrip terenkripsi ujung ke ujung).

Jadi, fitur Voice Message Transcripts akan menggunakan pengenalan ucapan (speech recognition) yang sama seperti versi iOS. Untuk versi iOS, pengguna diwajibkan mengaktifkan fitur transkip suara lewat menu ‘Settings’ > ‘Chats’.

Pengguna juga perlu mengaktifkan asisten pribadi Siri dengan perintah suara ‘Hey Siri’. Jadi, Siri akan mendengarkan pesan suara yang diterima, kemudian mengubahnya menjadi teks tertulis.

Transkrip ini menggunakan end to end encryption/E2EE (enkripsi ujung ke ujung), sehingga dilindungi dari pihak-pihak tidak diinginkan.

Namun, hasil transkrip pesan suara diakui tidak akurat lantaran suara latar belakang yang bising. Selain itu transkrip WhatsApp tidak mendukung semua bahasa.

Transkrip juga dilakukan secara otomatis apabila durasi pesan suara di bawah dua menit. Jika melebihi durasi itu, pengguna harus secara manual meminta transkrip.

Walaupun demikian, WhatsApp belum menyebutkan kapan rilis fitur Voice Message Transcripts. Begitupula perbedaan antara transkrip pesan suara WA di Android dan di iOS. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top