Spotify Rilis Miniplayer Bagi Pelanggan Premium di Mac dan Windows

Jakarta – Spotify merilis fitur baru bernama Miniplayer bagi pelanggan Spotify Premium yang terdapat di aplikasi Spotify Mac dan Windows.

Fitur ini memungkinkan pengguna memunculkan sebuah pemutar kecil untuk mengganti lagu, memilih daftar putar (playlist), dan mengatur volume.

Pengguna tidak perlu membuka jendela Spotify lantaran menu miniplayer akan muncul dalam bentuk floating windows. Miniplayer ini berada di atas aplikasi lainnya, sehingga pengguna tetap bisa fokus saat bekerja karena tidak perlu membuka tab utama Spotify.

Miniplayernya memiliki tiga bentuk, yakni persegi, persegi panjang dan bar yang ramping serta berbagai tombol untuk mengatur musik, seperti “Play”, “Skip”, atau “Rewind”. Pengguna bisa mengubah ukuran miniplayer ini sesuai keinginan.

Miniplayer juga dapat dimanfaatkan untuk memutar konten siniar (podcast) video yang menghadirkan podcast video dalam mode Picture-in-Picture yang memungkinkan pengguna menonton video dalam jendela kecil di layar.

Miniplayer tidak menggantikan jendela Spotify yang utama, tapi pengguna bisa dengan mudah beralih dari Miniplayer ke jendela utama tanpa mengganggu pemutaran musik atau podcast.

Fitur ini akan hadir di Indonesia secara bertahap dan Spotify Miniplayer hanya bisa digunakan bagi pelanggan layanan Spotify Premium.

Spotify Premium menyediakan berbagai fitur eksklusif seperti mendengarkan musik bebas iklan, mengunduh musik untuk pemutaran secara offline, mendapatkan kualitas audio yang tinggi, dan mengelola antrean lagu.

Harga layanan ini di Indonesia sebesar Rp 54.990 per bulan. Pengguna Spotify Premium nantinya bisa mengakses widget Miniplayer dengan mengklik ikon di sebelah kanan bawah aplikasi desktop, tepatnya di sebelah kanan tombol volume dan di sebelah kiri tombol full-screen.

Sebuah jendela kecil akan muncul lengkap beserta alat kontrol musik. Jika mengklik nama musisi, nama lagu, atau cover album di Miniplayer, maka pengguna akan diarahkan ke aplikasi utama Spotify.

Spotify melakukan perombakan pada halaman home-nya menjadi mirip aplikasi Instagram dan TikTok (Spotify Newsroom). Spotify juga melakukan sejumlah perombakan di dalam aplikasinya.

Salah satunya adalah mengubah tampilan halaman utamanya. Perubahan tersebut untuk memudahkan pengguna mencari konten, seperti musik, podcast , hingga audiobook untuk didengarkan.

Perubahan tampilan ini memungkinkan pengguna menggulir layar dari bawah ke atas untuk mencari konten yang ingin didengar. Trek musik yang muncul bukan lagi berbentuk kotak persegi, melainkan memanjang vertikal.

Tampilan ini sekilas mirip ketika pengguna scrolling konten di laman For You (TikTok) ataupun Reels (Instagram). Selain itu perubahan ini juga dibuat menjadi lebih interaktif.

Ketika pengguna membuka halaman ‘Music’ di bagian ‘Home’, lalu menggulir layar untuk mencari konten, Spotify bakal memunculkan musik yang disertai dengan cuplikan video.

Saat mengakses halaman ‘Podcast & Shows’, pengguna juga akan melihat cuplikan podcast yang diunggah dalam bentuk video. Untuk konten’Audiobooks’ akan menampilkan cuplikan berupa cover konten yang disertai potongan suara. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top