Samsung Rilis 2 Kartu Memori Baru Jenis MicroSD

Jakarta – Samsung memperkenalkan dua kartu memori baru berjenis microSD, yaitu Samsung 256 GB SD Express dan 1 TB UHS-I microSD.

Kedua microSD ini untuk mendukung kinerja kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di smartphone masa kini.

“Meski bentuknya kecil, kedua microSD ini dapat memberikan performa dan kapasitas setara dengan SSD, sehingga bisa membantu pengguna menjalankan berbagai aplikasi smartphone yang membutuhkan memori cepat,” kata Vice President Memory Brand Product Biz Team Samsung Electronics, Hangu Sohn.  Menyoal performa microSD sebesar 256 GB SD Express, ujar Hangu Sohn, memiliki transfer data yang cepat. Kartu memori ini memiliki kecepatan memproses atau membaca (read speed) hingga 800 MB/s.

Angka tersebut lebih cepat dari kartu memori tipe UHS-I yang memiliki read speed 104 MB/s. Bahkan, ini hampir 1,5 lipat lebih cepat dari media penyimpanan (storage) SSD berjenis SATA dengan kecepatan read speed 560 MB/s.

Kartu memori Samsung baru lainnya, yaitu 1 TB UHS-I microSD merupakan kartu microSD yang memiliki kapasitas besar, yaitu 1 TB, seperti namanya.

Namun ini tidak seperti 256 GB SD Express, 1 TB UHS-I microSD hanya memiliki kecepatan read speed yang mentok di angka 104 MB/s.

Ukuran 256 GB SD Express turut dibekali dengan aneka fitur lain untuk meningkatkan performanya.

Hal ini meliputi Boot Support, Trusted Computing Group Storage, dan Replay Protected Memory Block Authenticated Memory.

Fitur lain yang terdapat di 1 TB UHS-I microSD mencakup perlindungan terhadap air dan suhu atau cuaca ekstrem, tahan banting, tahan terhadap karat, serta tahan terhadap sinar X dan efek tarikan dari besi magnet.

Untuk ketersediaan, 256 GB SD Express disebut akan mulai dijual Samsung sekitar tahun ini, sedangkan 1 TB UHS-I microSD diperkirakan akan meluncur sekitar kuartal III-2024. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top