Samsung Dikabarkan Akan Rilis Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6.

Jakarta – Samsung dikabarkan akan kembali menggelar acara Galaxy Unpacked 2024 pada Juli 2024. Acara ini diperkirakan merilis aksesori cincin pintar Samsung Galaxy Ring dan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6.

Namun, kehadiran Samsung Galaxy Z Fold 6 belum dikonfirmasi secara resmi, tapi sudah beredar berbagai bocoran ponsel lipat itu di internet. Salah satunya tampilan Samsung Galaxy Z Fold 6.

Bocoran render tiga dimensi (3D) itu dibagikan oleh situs teknologi Smartprix dan pembocor gadget kenamaan, Onleaks. Render 3D sebuah gadget biasanya dibuat berdasarkan file computer-aided design (CAD) yang diteruskan ke pembuat aksesori smartphone, sehingga render ini seharusnya akurat.

Berdasarkan render itu, desain Samsung Galaxy Z Fold 6 terlihat lebih kotak (boxy) dengan bagian layar yang lebih tajam dan tepi bodi persegi. Hal ini mirip seperti Samsung Galaxy S24 Ultra, tetapi berbeda dari Samsung Z Fold 5 dengan tepi yang lembut dan bulat.

Samsung Galaxy Z Fold 6 konon memiliki dimensi 153,3 mm x 132,5 mm x 6,1 mm dalam keadaan terbentang. Jadi, ponsel ini 1,4 mm lebih pendek dan 2,6 mm lebih lebar ketimbang pendahulunya.

Bocoran tampang ini juga menunjukan dua bagian perangkat ini terlipat rata dengan sedikit atau tanpa celah (gap). Namun, lipatannya mungkin akan sedikit terlihat pada perangkat sebenarnya, diketahui bahwa Samsung berusaha mengurangi celah panel itu.

Rumornya, pengurangan celah panel ini akan membuat Samsung Galaxy Z Fold 6 menjadi ponsel lipat tertipis. Yang menjadi catatan, ponsel ini kabarnya masih kekurangan slot untuk pena digital (stylus) S Pen.

Di luar sejumlah desain kunci tersebut, render 3D itu menampilkan berbagai kemiripan Samsung Z Fold 6 dan Samsung Z Fold 5. Salah satunya adalah layar ponsel tersebut.

Layar utama Samsung Z Fold 6 dikabarkan berdiagonal 7,6 inci, sedangkan layar depannya memiliki ukuran kira-kira 6,2 inci. Di tengah atas layar, terdapat modul lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie. Masih soal fotografi,

Samsung Z Fold 6 memiliki konfigurasi tiga kamera yang diletakkan di bagian punggungnya. Kamera tersebut ditempatkan dalam sebuah modul oval secara vertikal.

Di sebelah kanan modul tersebut, terlihat sebuah lampu LED flash untuk pengambilan foto atau video dalam kondisi minim cahaya.

Pada bagian atas perangkat, terlihat ada tiga buah mikrofon dan lubang speaker. Sementara itu, bagian bawah ponsel diramaikan mikrofon, lubang speaker, dan port USB-C.

Tombol volume dan tombol daya masih bisa ditemukan di bagian kanan perangkat. Lalu, laci kartu SIM terletak di bagian kiri Samsung Galaxy Z Fold 6. Samsung belum secara resmi mengumumkan spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6.

Smartprix memperkirakan perangkat itu akan menjalankan System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen for Galaxy. Chipset ini akan dipadukan dengan media penyimpanan 1 TB dan pilihan RAM 12 GB/16 GB.

Layarnya kemungkinan berjenis OLED dengan refresh rate hingga 120 Hz. Konfigurasi kamera ponsel lipat tersebut diprediksi mencakup kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 12 MP, dan kamera telefoto 10 MP.
Kamera depannya punya resolusi 10 MP. Bocoran tampang Samsung Z Flip 6. Selain Samsung Z Fold 6, bocoran render 3D Samsung Z Flip 6 juga dibagikan oleh Smartprix.

Desain ponsel lipat ini terlihat hampir identik dengan pendahulunya, kecuali dalam aspek ketebalan. Ketika terbentang, ketebalan Samsung Z Flip 6 konon adalah 7,4 mm sehingga meningkat dari 6,9 mm.

Dengan bodi yang lebih tebal kemungkinan Samsung bisa menempatkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Sebagai perbandingan, Samsung Z Flip 5 hanya memiliki baterai 3.700 mAh saja. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top