Samsung Diisukan Sedang Siapkan Rilis Galaxy Ring

Jakarta – Samsung sedang menyiapkan acara Galaxy Unpacked kedua untuk tahun 2024 yang akan digelar di Paris, Perancis pada awal atau pertengahan Juli 2024.

Ajang ini diperkirakan sebagai momen peluncuran duo ponsel lipat terbaru Samsung, yaitu Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Samsung untukmenyelenggarakan Galaxy Unpacked sebanyak dua kali setiap tahunnya yakni pada awal tahun sebagai panggung debut lini Galaxy S series terbaru. Acara kedua pada pertengahan tahun untuk meluncurkan lini ponsel lipatnya.

Tahun lalu Galaxy Unpacked digelar pada awal Februari 2023 menjadi panggung debut lini Samsung S23 series. Kemudian, Samsung meluncurkan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 di acara Galaxy Unpacked kedua yang digelar pada 26 Juli 2023.

Samsung meluncurkan lini Samsung S24 series secara global dalam panggung Galaxy Unpacked di San Jose, Amerika Serikat pada 18 Januari 2024.

Jadi, Galaxy Unpacked kedua tahun ini diprediksi pada 12 Juli 2024 atau dua minggu lebih awal dibandingkan Galaxy Unpacked kedua tahun 2023.

Dari kabar yang beredar Samsung diyakini sengaja memilih tanggal tersebut agar duo ponsel lipat terbarunya bisa dirilis tepat sebelum ajang olahraga empat tahunan Olimpiade Paris berlangsung pada 26 Juli 2024 di Paris.

Langkah ini sebagai upaya Samsung fokus pada pasar Eropa tahun ini, sambil mengisi kekosongan pasar yang ditinggalkan beberapa produsen smartphone China. Galaxy Ring juga tersedia dalam varian warna gold dan platinum silver.

Setiap warna ditawarkan dalam ukuran 5 hingga 13 yang direpresentasikan dengan ukuran bertanda S hingga XL di bagian dalam lingkaran cincin. Tanda-tanda peluncuran cincin pintar ini terus menguat dalam beberapa waktu belakangan.

Perangkat ini kali pertama muncul di publik sebagai kejutan di akhir acara Galaxy Unpacked pada 18 Januari lalu.

Tiga minggu kemudian sejak acara Galaxy Unpacked disebutkan salah satu eksekutif Samsung akhirnya mengungkap kemungkinan jadwal rilis Galaxy Ring di pasar global.

Menurut Global Head of B2B Wearable/IoT/Accessory PM di Samsung Electronics, Mobile, Daniel Seung Lee, Galaxy Ring akan hadir pada semester kedua tahun ini atau dalam kurun waktu Juli hingga Desember 2024.

“Produk baru yang dapat dipakai untuk kesehatan & kebugaran di paruh kedua. Tolong, pantau terus,” ujarnya tagar #GalaxyRing dan #SmartRing.

Samsung mengungkap Galaxy Ring akan hadir pada semester kedua yakni Juli sampai Desember 2024. Setelah kemunculan sebagai kejutan dan rumor peluncuran, Samsung memamerkan tampang nyata Galaxy Ring dalam ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol yang berlangsung pada 26-29 Februari 2024.

Samsung memamerkan purwarupa Galaxy Ring dalam tiga varian warna, yaitu gold, ceramic black, dan platinum silver. Setiap warna ditawarkan dalam ukuran 5 hingga 13 yang direpresentasikan dengan ukuran bertanda S hingga XL di bagian dalam lingkaran cincin.

Ketika diperhatikan, lingkar cincin bagian dalam memiliki beberapa titik sensor. Tidak disebutkan secara rinci sensor apa saja.

Namun, Samsung Galaxy Ring diyakini memiliki sensor untuk melacak tidur, detak jantung, pergerakan, dan pernapasan. Galaxy Ring sudah muncul sebagai opsi baru di widget baterai di ponsel Galaxy.

Indikasi peluncuran Galaxy Ring semakin dekat dengan kemunculan nama Galaxy Ring di widget baterai di ponsel Galaxy, seperti tangkapan gambar di samping. Ketika menambahkan widget baterai,

Samsung melihat ada opsi baru Galaxy Ring seperti Galaxy Watch, Galaxy Fit, dan Galaxy Buds. Ini mengindikasikan bahwa Samsung sudah mempersiapkan widget baterai di ponsel Galaxy untuk kompatibel dengan Galaxy Ring.

Berdasarkan pengajuan paten yang pertama kali dilaporkan oleh outlet Korea Naver, cincin tersebut mungkin menawarkan cukup banyak pelacakan kesehatan. Pengajuan tersebut mengindikasikan bahwa Samsung Galaxy Ring mengintegrasikan sensor EKG dan PPG.

Kemungkinan cincin pintar buatan Samsung ini bakal memiliki kemampuan untuk melakukan pengukuran detak jantung dan memantau suhu.

Galaxy Ring diyakini akan memiliki fitur-fitur Samsung Health sehingga berperan sebagai alat perekam kesehatan dan aktivitas olahraga pengguna.

Contohnya, rekam detak jantung atau jumlah langkah, yang akan bisa dipantau di aplikasi Samsung Health. Namun, hingga kini, Samsung belum buka soal soal jadwal Galaxy Unpacked kedua.

Begitupula informasi resmi soal kehadiran ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 6, Samsung Galaxy Z Flip 6, dan Galaxy Ring. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top