Para Konsumen Gugat Kerusakan Kulkas LG di Pengadilan Federal AS

Life’s Goods (LG) dan Kenmore sedang menghadapi gugatan dari para konsumen terkait layanan purna jual produknya.

Tindakan ini dilakukan oleh para konsumennya seperti Betsy Anderson akibat tidak memperoleh penggantian kompresor untuk kulkas LG yang dibelinya pada 2019.

Padahal, dia akan menyimpan makanan di dalam kulkasnya untuk perayaan Hari Thanksgiving yang semakin dekat.

“Saya tidak berusaha menghubungi mereka,” katanya.

Sebelumnya, kejadian serupa pernah dialami Betsy Anderson pada empat tahun lalu untuk kompresor buatan LG yang rusak pada kulkas Kenmore yang dibeli seharga US$2.800.

Saat itu dia masih menghubungi LG selama dua bulan, tapi tindakannya tidak membuahkan hasil.

Sementara itu puluhan konsumen lain mengeluhkan kerusakan kulkas Kenmore dan LG yang sulit diperbaiki teknisi.

Contohnya, Maria di Maryland mengalami kerusakan kompresor kulkas yang tidak bisa diperbaiki teknisi. Hal yang sama dihadapi Bernadette di San Diego yang tetap gagal memperbaiki kulkasnya, meskipun tujuh kali kunjungan telah dilakukan teknisi.

Begitupula Kaare di Los Angeles melakukan tindakannya yang sama selama enam kali kunjungan. Khusus Terese di Philadelphia mengeluhkan kulkasnya cepat rusak, padahal ini baru digunakan selama tujuh bulan.

Namun, keempat konsumen dan ketiga televisi yang mendapatkan pengaduan tentang layanan buruk dari LG tidak menyebutkan merek kulkas masing-masing konsumen tersebut secara pasti.

Ketiga televisi yang dimaksud adalah News4, National Broadcasting Company (NBC), dan Telemundo

Konsumen-konsumen melayangkan gugatan layanan purna jual kepada LG melalui kuasa hukum dari sebuah firma hukum di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) bernama Azar Mouzari,

Dia mengemukakan perusahaannya fokus pada kompresor linier di dalam kulkas LG dan kulkas Kenmore lantaran bagian ini menjaga makanan agar tetap tahan lama.

Apalagi, LG menawarkan garansi selama 10 tahun bagi kompresor dan durabilitas selama 20 tahun secara online.

Padahal, Mouzari berpendapat umur kompresor linier LG tidak sampai 10 tahun, apalagi 20 tahun. Apalagi, kompresor ini dinilai sering cepat rusak yang disadari LG.

Mouzari menilai gugatan yang diwakilinya terbilang baru dan klaim baru penipuan lantaran menjanjikan daya tahan kompresor linier selama 20 tahun kepada Betsy Anderson.

“Kami tahu bahwa mereka telah mengetahui masalah ini dan tingkat kegagalannya sangat tinggi,” ucapnya.

Dengan begitu Mouzari mendesak perpanjangan garansi hingga 20 tahun diberikan LG dan pengembalian uang kepada konsumen seperti Betsy Anderson. Malahan, Betsy meminta perbaikan dan penarikan kulkas yang telah dibelinya.

Gugatan juga akan dilakukan Mouzari atas nama para konsumen kepada toko-toko besar nasional yang menjual kulkas LG.

“Para peritel tersebut mengetahui masalah ini,” ucapnya.

Mouzari juga meminta hakim federal untuk menjadikan gugatan para konsumen sebagai gugatan kelompok lantaran diyakininya banyak keluarga yang mengalami kerusakan yang sama.

Sampai sekarang sebanyak 102 penggugat diwakilinya untuk melakukan ini kepada LG di pengadilan federal.

“Ribuan, bahkan puluhan ribu. Banyak sekali telepon yang kami terima,” ujarnya. “Ini adalah sebuah isu nasional.”

LG di Los Angeles mengungkapkan tidak akan berkomentar kepada media tentang proses pengadilan yang sedang berlangsung sekarang.

Namun, mereka sedang melakukan gugatan balik di pengadilan berupa class action lantaran dalam perjanjian LG dengan konsumen menyatakan LG bisa menyangkal dugaan kerusakan pada kulkas.

Pada sisi lain Kenmore mengaku kulkas dengan kompresor LG sudah tidak dijualnya. (adm)

Sumber: medcom.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top