Kehadiran Samsung Galaxy A55 5G dan A35 5G Diharapkan Terjangkau Bagi Kalangan Muda

Jakarta – Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G meluncur di Indonesia pada Senin (11/3/2024) yang dihargai sama dengan generasi sebelumnya yakni Galaxy A54 dan Galaxy A34 pada Maret 2023 sebesar Rp6 juta untuk varian 8/128 GB.

Untuk Galaxy A35 dan Galaxy A34 dijual seharga Rp5 juta untuk opsi 8/128 GB, padahal jika dibandingkan spesifikasinya, Samsung A55 dan A35 diperoleh peningkatan signifikan seperti peningkatan di fitur keamanan.

Dua smartphone Galaxy A-series ini juga dibekali fitur kelas atas di seri-S dan seri-Z yakni Samsung Knox Vault, fitur AI Portrait, dan HDR Video.

Knox Vault adalah fitur keamanan yang sebelumnya eksklusif di seri-S dan seri-Z, sedangkan dua fitur lainnya berfungsi menunjang kamera HP.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indraman, mengatakan Samsung ingin mewujudkan komitmennya lewat produk yang dijual dengan banderol harga yang terjangkau.

“Bentuk komitmen kami dari Samsung adalah ingin menghadirkan inovasi-inovasi di smartphone. Supaya lebih terjangkau buat semua konsumen, khususnya pengguna muda. Kami juga terus membawa inovasi baru dari produk lama ke produk yang baru,” katanya dalam sesi tawa jawab bersama media di acara peluncuran Samsung Galaxy A-series, Jakarta Pusat.

Dengan menetapkan harga yang sama seperti pendahulunya dinilai sebagai strategi Samsung untuk mendongrak penjualannya di Indonesia. Pasalnya, pasar smartphone mid-range di Indonesia punya persaingan yang ketat.

“Peningkatan-peningkatan tadi adalah komitmen kami menjadi kompetitif dan referensi utama di kalangan konsumen. Fitur baru, harga menarik, hingga promo saat launching juga diharapkan menjadi hal yang sangat menarik untuk konsumen, ketika ingin memilih produk Samsung,” ujarnya.

Langkah ini tampaknya juga sejalan dengan data yang dipublikasi firma riset pasar Canalys pada periode April-Juni atau kuartal II-2023. Riset mencatat Samsung memiliki pangsa pasar sebesar 19% dan berada di posisi kedua.

Canalys juga menemukan penjualan smartphone murah Samsung di Tanah Air berkontribusi secara signifikan terhadap market share perusahaan. Smartphone yang dimaksud mencakup Samsung Galaxy A24, Galaxy A34, hingga Galaxy A54.

“Hal tersebut mendorong pengiriman (shipment smartphone) Galaxy A34 dan A54, sekaligus Galaxy A24 yang baru saja meluncur untuk mendongkrak portofolio A-series,” tulis Canalys dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (4/9/2023).

Ilham Indraman mengemukakan Samsung A54 menjadi seri smartphone Samsung yang paling laris sepanjang 2023 berkat fitur baru, harga terjangkau, dan promo menarik. Levelnya tidak hanya di Indonesia saja, tetapi hingga global.

Namun, dia tidak menyebutkan berapa jumlah seri Galaxy A54 dan model lainnya yang terjual.
Ilham Indraman mengungkapkan Samsung masih menggunakan strategi yang sama seperti tahun lalu untuk mendongkrak penjualannya. Upaya ini menjadi kartu andalan bagi Samsung.

Sebelumnya, Samsung A54 dan A34 datang dengan penyegaran di bagian desain. Keduanya mengadopsi bahasa desain yang sama seperti Galaxy S23 series.

Ketiga kameranya diletakkan vertikal dan dibenamkan langsung ke punggung, tanpa modul. Kini, Samsung A55 dan A35 masih datang dengan desain yang sama, tetapi dilengkapi fitur-fitur baru dari HP flagship.

Samsung Galaxy A55 5G berukuran lebih besar dari pendahulunya. Layarnya memiliki spesifikasi Super AMOLED 6,6 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan 1.000 nits.

Di atas kertas, Samsung A55 dan A35 dilengkapi layar Super AMOLED berukuran 6,6 inci. Keduanya kini sama-sama ditenagai chip Exynos. Samsung A55 mengandalkan Exynos 1480, sedangkan Galaxy A35 diotaki Exynos 1380, chip yang sama seperti Galaxy A54 dulu.

Samsung A55 juga dilengkapi kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP. Fitur kamera pendukunnya adalah AutoFocus (AF), HDR Video, OIS (penstabil gambar), Adaptive VDIS, dan 4K Stabilization.

“Tahun ini, kami mencoba mengadaptasikan fitur-fitur unggulan di smartphone flagship ataupun foldable phone ke Galaxy A-series kami. Ada tiga hal utama yang kami hadirkan ke Samsung Galaxy A55, yakni Awesome Camera (kamera), Awesome Performance (chipset), dan Awescome Durability (ketahanan),” ucap Ilham Indraman.

Sementara itu saudaranya dibekali resolusi kamera yang lebih rendah. Konfigurasinya mencakup kamera utama 50 MP, kamera utlrawide 8 MP, dan kamera makro 5 MP.

Namun, secara tampilan, keduanya masih mewarisi DNA desain yang sama seperti pendahulunya. Perbedaannya hanya terletak di bagian bodi samping. Samsung melakukan modifikasi dan memberi nama modelnya Key Island Design.

Penyegaran dari sektor desain ini membuat tombol daya dan tombol volume lebih menonjol ketimbang sisi yang lain. Samsung Galaxy A55 juga dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Victus bagian depan dan belakangnya.

Bodi sampingnya tidak lagi memakai bahan plastik, tetapi metal. Adapun layar dan punggung Galaxy A35 dibalut dengan kaca Corning Gorilla Glass 5 dan framenya menggunakan bahan polikarbonat. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top