Google Kembangkan Chatbot Gemini Berbasis Rich Communication Services

Jakarta – Google mengembangkan chatbot artificial intelligence/AI (kecerdasan buatan) yang bernama Gemini di berbagai produk layanannya. Langkah ini dilakukan ke aplikasi pesan instan Google Messages berbasis Rich Communication Services (RCS).

Sebelumnya, ini sudah diumumkan sebulan lalu yang didahului kehadiran di Workspace yakni Gmail, Docs, dan Sheets

Pengguna yang bisa menjajal chatbot Gemini di aplikasi Google Messages terlihat akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan, berbunyi “Hi, I’m Gemini in Google Messages. Chat with me to draft messages, brainstorm ideas, plan events, or simply have a fun conversation”.

Ketika diklik pengguna akan dialihkan ke aplikasi Google Messages dan masuk ke jendela chat dengan Gemini. Saat awal penggunaan, jendela chat dengan Gemini akan merekomendasikan beberapa topik seperti “tulis pesan ulang tahun”, “bantu saya menulis pesan yang sulit”, “bantu saya memulai percakapan”, dan “rencanakan sesi game night”.

Pengguna bisa bicara dengan Gemini di aplikasi Google Message guna menyusun pesan untuk seseorang, bertanya, merencanakan acara/kegiatan, atau sekadar melakukan percakapan.

Pengguna bisa menyalin atau membagikan hasil jawaban Gemini tersebut ke chat lain di Google Message atau aplikasi lain.

Fitur ini bisa dicoba oleh pengguna Google Messages beta. Gemini di Google Messages hanya bisa menerima input/pertanyaan dalam bentuk teks, dan memberikan jawaban/output dalam bentuk teks juga.

Jika ingin mengakses kemampuan Gemini sepenuhnya, pengguna tetap harus pergi ke gemini.google.com. Di awal kehadirannya, chatbot Gemini digelontorkan secara bertahap dan hanya untuk pengguna beta Google Message secara global, termasuk di Indonesia.

Sebagaimana tertera di laman Support Google, pengguna Google Message beta juga wajib memenuhi beberapa syarat lain seperti harus sudah berusia 18 tahun atau lebih, mengaktifkan mode RCS, dan menggunakan bahasa Inggris di ponsel.

Pengguna juga harus menggunakan salah satu dari HP Android Samsung atau Google berikut ini: Google Pixel 6 atau yang lebih baru Google Pixel Fold Samsung Galaxy S22 series atau yang lebih baru Samsung Galaxy Z Flip/ Z Fold atau yang lebih baru.

Kapan chatbot Gemini di aplikasi Google Messages tersedia untuk pengguna luas belum diketahui secara pasti. Chatbot Gemini juga ditanamkan di aneka produknya yang lain termasuk Workspace.

Beberapa fitur berbasis AI yang didukung Gemini untuk Workspace sudah tersedia lewat Duet AI, tetapi kini disebut Gemini saja.

Fitur AI yang dimaksud termasuk fitur yang akan membantu pengguna membuat draft e-mail, mengelola spreadsheet hingga fitur yang membantu menyelesaikan tugas berbasis dokumen lainnya.

Aplikasi Gemini di Android juga bisa diatur sebagai asisten virtual, menggantikan Google Assistant. Namun, dukungan ini masih menjadi fitur yang opsional karena Google Assistant juga masih tersedia.

Ketika pengguna mengatur Gemini sebagai pengganti Assistant, mereka bisa memanggilnya dengan cara yang sama dengan mengatakan “Hai Google”, menekan tombol Home beberapa saat dan lainnya.

Pengguna juga bisa memasang alarm, menelepon, atau mengontrol aneka perangkat smart home lewat Gemini. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top