Facebook dan Instagram Tidak Ungkap Penyebab Tumbang Malam Kemarin Secara Rinci

Jakarta – Facebook dan Instagram mengalami down di dunia maya pada Selasa (5/3/2024) untuk di Indonesia pukul 22.00 WIB. Layanan ini bisa pulih beberapa jam kemudian.

“Masalah teknis membuat pengguna kesulitan mengakses sejumlah layanan kami. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin dan kami mohon maaf atas atas ketidaknyamanan ini,” kata juru bicara Meta, Andy Stone melalui X (dahulu Twitter) dengan handle akun @andymstone.

Meta tidak mengungkapkan masalah teknis yang membuat Facebook hingga Instagram down secara rinci. Sebelumnya, pada Oktober 2021 layanan Meta juga sempat down secara masif di seluruh dunia, juga akibat persoalan teknis.

Saat itu Meta menjelaskan layanan Facebook dan Instagram tumbang akibat perubahan konfigurasi yang tidak tepat pada router yang digunakannya untuk mengoordinasikan lalu lintas antarpusat data.

Sementara itu Threads dan Messenger juga tumbang pada waktu bersamaan dengan Facebook dan Instagram. Laporan situs Downdetector menyebutkan berbagai layanan Meta itu muncul sekitar pukul 22.00 WIB.

Laporan tertinggi tercatat pada pukul 22.33 yakni sebanyak 4.785 pengguna melaporkan Instagram down dan 8.186 pengguna melaporkan pemadaman Facebook. Saat itu Ketika mengakses Instagram tidak berfungsi sepenuhnya untuk berbagai fitur seperti Feed dan Stories.

Walaupun demikian, pengguna masih bisa menampilkan posting dari sejumlah pengguna, postingnya terbilang lawas, bukan yang terbaru. Namun, pengguna juga tidak bisa mengakses komentar dari suatu posting yang tampil di lini masa Instagram.

“Kami menyadari adanya masalah yang dialami pengguna saat masuk (login) ke platform kami,” tulis Meta di situs resminya.

“Tim teknisi kami menyadari dan secara aktif mencari cara untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin,” ucap Meta.

Situs Downdetector juga menunjukkan bahwa laporan Instagram dan Facebook tumbang menyusut sekitar pukul 0.30 WIB. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top