Elon Musk Kesal Pakai Laptop Windows Mesti Punya Akun Microsoft

Jakarta – Chief Executive Officer (CEO) Tesla Incorporated, Elon Musk mencurahkan kekesalannya pada Microsoft di mikroblogging X pribadinya @elonmusk akibat penggunaan laptop Windows mesti didahului oleh pembuatan akun Microsoft.

Dia menganggap membuat akun Microsoft sama saja dengan memberikan akses data Artificial Intelligenc/AI (kecerdasan buatan) kepada perusahaan tersebut.

“Baru saja membeli laptop baru dan saya tidak diperbolehkan menggunakannya kecuali saya membuat akun Microsoft, yang juga berarti memberikan akses AI mereka ke laptop saya! Ini kacau,” kata Musk lewat akun dengan handle @elonmusk, Rabu (28/2/2024).

Elon Musk menyesalkan keharusan pengguna memasukkan akun Microsoft sebelum laptop Windows bisa digunakan. Padahal, pada waktu dulu penggunaan akun Microsoft untuk mengaktivasi laptop Windows bersifat opsional.

Kesesalan Elon Musk ditumpahkan kepada Satya Nadella, CEO Microsoft yang dibalas dengan memberikan saran agar pengguna yang hendak mengaktivasi laptop Windows dapat melewati pembuatan akun Microsoft.

Kemudian, jika ingin mendaftar, diperbolehkan pula memakai e-mail kantor.

“Satya, saya tidak bermaksud mengganggu, tapi izinkan orang yang mengaktivasi PC Windows baru untuk bisa melewati halaman pembuatan akun Microsoft. Opsi ini hilang jika komputer terhubung ke WiFi,” kata Musk di salah satu twit Nadella.
“Selain itu, meskipun Anda ingin mendaftar, Anda tidak diperbolehkan menggunakan alamat e-mail kantor dan saya hanya memiliki alamat e-mail kantor!,”

Untuk diketahui, laptop atau komputer berbasis Windows, terutama Windows 11, membutuhkan akun Microsoft saat hendak diaktivasi pertama kali. Pengguna bakal diminta memasukkan akun Microsoft yang sudah ada atau membuat baru.

Akun Microsoft itu bakal dipakai secara otomatis untuk login pada berbagai aplikasi bawaan Windows 11, seperti Microsoft Edge, Mail, Microsoft Store, dan lain sebagainya. Di kolom balasan twit Musk itu, banyak warganet yang juga menumpahkan kekesalan atas keharusan login ke akun Microsoft untuk mengaktivasi laptop Windows.

Salah satunya seperti balasan akun dengan handle @DanielleFong yan menimpali twit Musk dengan memaparkan kalau keharusan login akun Microsoft merupakan hal yang menyebalkan.

Pasalnya, pengguna harus repot mengakali proses login agar tetap bisa mengakses perangkat tanpa perlu masuk dengan akun Microsoft.

Elon Musk membalasnya proses tersebut merupakan hal yang tidak tidak keren dari Microsoft. Kemudian, tak sedikit pula warganet yang memberi tahu Musk trik untuk melewati login akun Microsoft saat aktivasi laptop atau komputer Windows 11.

Proses memasukkan akun Microsoft sejatinya itu sejatinya dapat dilewati dengan trik tertentu. Dengan trik itu, pengguna baru bisa mengaktivasi laptop atau komputer Windows dengan hanya membuat akun perangkat lokal, tanpa menggunakan akun Microsoft.

Salah satu triknya adalah dengan memutus koneksi internet atau WiFi saat laptop Windows mulai aktivasi dan meminta untuk memasukkan akun Microsoft. Ketika tidak tersambung dengan internet, pengguna bisa memilih untuk hanya membuat akun lokal.

Trik ini disarankan banyak warganet ke Elon Musk supaya bisa melewati proses login akun Microsoft di laptop Windows, sehingga hanya menggunakan akun lokal.

Elon Musk mengemukakan jika dia telah berhasil mengaktivasi laptop Windows yang baru dibelinya tanpa harus menggunakan akun Microsoft, berkat bantuan instruksi yang diberikan warganet. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top