Edge DC Bangun Data Center Kedua Berkapasitas 23 MW di Jakarta

Jakarta – Anak perusahaan penyedia jaringan internet Indoninternet (Indonet), Edge DC, meresmikan data center (pusat data) kedua di Jakarta. Data center ini bernama EDGE2 yang memiliki kapasitas mencapai 23 megawatt (MW).

Sebelumnya, Edge DC sudah memiliki data center EDGE1 yang berlokasi dari pembangunan EDGE2.

Data center EDGE2 di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan dilengkap dengan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hyperscale dan Artificial Intelligence.

Chief Executive Officer (CEO) Edge DC Stephanus Oscar mengatakan data center EDGE2 menandai lompatan yang signifikan. EDGE2 dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang semakin berkembang sejalan dengan perkembangan digitalisasi.

“Kami percaya bahwa pencapaian EDGE2 mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keunggulan dan inovasi dalam lanskap infrastruktur digital di Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, mengemukakan infrastruktur menjadi kebutuhan paling mendasar dalam proses digitalisasi.

Jadi, kehadiran data center menjadi salah satu yang dibutuhkan di Indonesia. Semuel mengatakan, kehadiran EDGE2 turut memenuhi kebutuhan data center di Tanah Air.

“Kebutuhan data center meningkat, yang paling dasar adalah data center. Dibutuhkan rumah untuk menyimpan atau memproses,” ucapnya.

Data center kedua milik Edge DC memiliki kapasitas (IT load) sebesar 23 MW atau tiga kali lipat lebih besar dari EDGE1 yang berkapasitas 6 MW. Data center EDGE2 mampu menampung lebih dari 3.400 rak server.

EDGE2 menawarkan skalabilitas dan opsi konektivitas ke lebih dari 50 operator jaringan dan beberapa Internet Exchange yang telah berada di EDGE1, termasuk Indonesia Internet Exchange (IIX) dan Edge Peering Internet Exchange (EPIX). EDGE2 diklaim menjadi fasilitas data center paling efisien di Indonesia.

Data center ini memiliki nilai Power Usage Effectiveness (PUE) sebesar 1,24. Nilai PUE data center dianggap positif jika berkisar di angka 1.

Fasilitas data center EDGE2 ini ditunjang oleh Dual Power Source PLN Platinum dengan jaminan uptime yang baik. Hal ini diharapkan dapat menjamin kelangsungan bisnis para pelanggan. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top