Chip Qualcomm PC Snapdragon X Elite Versus Chip Intel Core Ultra x86

Jakarta – Qualcomm menilai chip PC Snapdragon X Elite dengan arsitektur ARM miliknya lebih cepat dibandingkan chip Core Ultra (x86) baru dari Intel. Hal ini dilihat dari daya dan performa antara chip.

Qualcomm menggunakan Benchmark Geekbench 6.2 sebagai tolak ukur pengujian daya dan performa SoC, sedangkan Intel Core Ultra 7 155H di laptop Asus Zenbook 14 OLED dan Intel Core Ultra 9 185H di laptop Asus ROG Zephyrus G1.

Intel Core Ultra 7 155H di laptop Asus Zenbook 14 OLED dan Intel Core Ultra 9 185H di laptop Asus ROG Zephyrus G1. Performa single-threaded Snapdragon X Elite 54% lebih cepat daripada Core Ultra 7 155H dengan penggunaan daya yang sama.

Snapdragon X Elite mengonsumsi daya 65% lebih sedikit, sedangkan untuk performa multi-threaded, Snapdragon X Elite 52% lebih cepat dari Core Ultra 7 155H di tingkat konsumsi daya yang sama, atau ketika performa disamakan, konsumsi dayanya 60 persen lebih sedikit.

Dari sisi olah grafis ketika menggunakan benchmark UL 3DMark Wild Life Extreme, Snapdragon X Elite 36% lebih cepat ketimbang Core Ultra 7 155H pada daya yang sama, dan mengonsumsi daya 50% lebih rendah jika performanya disamakan.

Perbandingannya dengan Core Ultra 9 185H juga menunjukkan selisih cukup signifikan. Performa single-threaded Snapdragon X Elite 51% lebih cepat dan dengan performa yang sama mengonsumsi daya 65% lebih sedikit dibandingkan Core Ultra 9 185H.

Untuk performa multi-threaded, Snapdragon X Elite 41% lebih cepat dan dengan performa yang sama mengonsumsi daya 58% lebih sedikit dibanding Core Ultra 9 185H.

Daya tahan baterai multiday mungkin tercapai dengan Snapdragon X Elite, karena penggunaan chip Snapdragon X Elite dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 40% dibanding prosesor Intel.

Pada Oktober lalu Qualcomm menunjukkan Snapdragon X Elite dapat menyamai Intel Core i9-13980HX dengan daya lebih rendah 70%. Namun, perbandingan kinerja dengan Intel Core HX generasi ke-14 belum disebutkan kali ini.

Qualcomm juga mengatakan core Oryon dalam Snapdragon X Elite mampu mengungguli prosesor M3 Apple sebesar 22 persen, dengan nilai 15.610 poin berbanding 12.154 poin menggunakan Geekbench 6.2.

Qualcomm mendemonstrasikan Snapdragon X Elite kepada influencer di San Diego, AS, di acara “eXperience Day”. Hal itu dibuktikan dalam unggahan para influencer yang menunjukkan Snapdragon X Elite menjalankan sejumlah game triple-A PC.

Misalnya, video Devin Arthur dalam sebuah posting di X (dahulu Twitter), memperlihatkan game Baldur’s Gate 3 berjalan dengan frame rate 30 fps pada resolusi 1080p di laptop berbasis Snapdragon X Elite.

Selain itu ada game lain juga, seperti Control, yang bisa dijalankan dengan frame rate sekitar 30-40 fps, meskipun bisa turun ke kisaran 20 fps di adegan-adegan intens seperti pertempuran.

Kemampuan Snapdragon X Elite menjalankan game PC cukup signifikan mengingat chip ini memiliki arsitektur ARM.

Sementara itu game Windows dirancang untuk berjalan di prosesor dengan arsitektur x86 seperti buatan Intel dan AMD. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top