Berikut Upaya Kemenparekraf Dukung Keberlangsungan Start up di Indonesia

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki program inkubasi Baparekraf for Startup (BEKUP) untuk meningkatkan kelangsungan hidup startup.

Program ini memberikan mentorship strategis, peluang jaringan, dan akses ke investor dan potensi kemitraan.

“Kerjasama antara Kemenparekraf RI dan Kumpul.id melalui program BEKUP memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan startup digital di Indonesia, tidak hanya pada pemberdayaan bisnisnya namun juga membangun talenta-talenta startup dengan jaringan mentor yang dibutuhkan oleh para pegiat startup digital Indonesia,” kata Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf RI, Yuana Rochma Astuti pada Ahad (25/2/2024).

Kerja sama Baparekraf dan Kumpul.id diyakini telah membantu memfasilitasi kebutuhan startup pada proses start up ini dalam mengembangkan bisnisnya hingga perjalanannya untuk meningkatkan value startup mereka.

Berdasarkan data program sejak 2020, BEKUP telah berhasil meningkatkan 15%-50% pendapatan dari para startup terdampak yang telah mengikuti rangkaian program inkubasinya.

Selain itu turut memfasilitasi talenta-talenta startup yang berhasil menekan rata-rata tingkat kelangsungan hidup startup hingga 60%.

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan sebuah startup adalah pengalaman urang dan visi yang jelas dari pendirinya.

Untuk meningkakan angka kelangsungan hidup startup hingga 60% diberikan fasilitas mentor, modul, dan peluang untuk bisa berjejaring dengan mitra strategis hingga akses ke pendanaan.

Managing Director dari KUMPUL.ID, Mega Prawita menambahkan kerjasama bersama Baparekraf Kemenparekraf mampu memberikan peluang lebih besar untuk startup Indonesia.

Program BEKUP menjadi satu tonggak penting untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan performa startup Indonesia.

“Dengan kolaborasi ini, diharapkan dampak yang dihasilkan tidak hanya signifikan, tetapi juga memberikan dorongan kuat bagi perkembangan ekosistem startup, menciptakan inovasi berkelanjutan, dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian digital Indonesia,” ujarnya.

Program inkubasi Baparekraf for Startup (BEKUP) yang diinisiasi oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) di bawah Kemenparekraf RI.

Hal ini telah menciptakan ekosistem untuk mendukung startup digital dalam fase Pre-Seed pada tahapan Minimum Viable Product (MVP) hingga Product-Market Fit. (adm)

Sumber: detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top