Berikut Fungsi dan Cara Pemakaian Google Docs di Laptop

Jakarta – Google Docs merupakan program pengolah kata berbasis daring yang bisa diakses lewat berbagai perangkat, termasuk laptop. Aplikasi ini bisa mengolah berbagai jenis teks seperti laporan atau artikel di manapun dan kapanpun di berbagai perangkat termasuk laptop yang terhubung dengan koneksi internet.

Berikut cara menggunakan Google Docs di laptop

1.Mengakses Google Docs
Pengguna harus memiliki akun Google atau akun Gmail untuk mengakses Google Docs via browser di laptop. Pengguna dapat mengunjungi website Google Docs yang berlokasi di https://docs.google.com.

Setelah terbuka, pengguna dapat login menggunakan akun Google di website Google Docs tersebut.

2.Membuat dokumen di Google Docs
Setelah berhasil mengakses, pengguna dapat mulai membuat dokumen di Google Docs, pengguna tinggal klik ikon tambah yang terdapat pada halaman awal Google Docs.

3.Mengedit teks di Google Docs
Setelah berhasil membuat dokumen baru di Google Docs, pengguna dapat mengedit teks dengan berbagai alat pemformatan yang tersedia, seperti pengaturan font, pengaturan format teks, pengaturan tata letak teks dalam halaman, dan masih banyak lagi.

Alat pemformatan ini tersedia di bagian atas halaman dokumen Google Docs. Untuk menambahkan gambar dan tabel ke dokumen, pengguna bisa mengakses menu sisipkan yang terdapat pada bar menu utama.

4.Menyimpan dan mengunduh dokumen di Google Docs

Dokumen yang selesai dibuat dan diedit bakal tersimpan secara otomatis di Google Docs, sehingga pengguna tak perlu melakukan tindakan penyimpanan dokumen secara manual. Setiap perubahan di dokumen bakal langsung disimpan di Google Docs.

Penyimpanan di Google Docs berbasis Cloud dari Google Drive, sehingga dokumen-dokumen yang tersimpan di Google Docs memakan ruang penyimpanan di Google Drive.

Pengguna juga dapat mengunduh dokumen di Google Docs supaya bisa dibuka secara offline di perangkat. Cara mengunduh dokumen di Google Docs tinggal klik menu File dan pilih ‘Download’.

Selanjutnya, pengguna bisa mengunduh dokumen itu dalam berbagai format, seperti Docx, RTF, PDF, atau EPUB.

5.Berbagi dokumen Google Docs
Di Google Docs, pengguna tak hanya bisa mengedit dokumen sendiri, tetapi pengguna juga bisa berkolaborasi bersama pengguna lain dengan membagikan dokumen. Untuk membagikan dokumen, pengguna bisa klik menu File dan pilih ‘Bagikan’.

Kemudian, pilih ‘Bagikan kepada orang lain’ dokumen lewat tautan atau dikirim melalui alamat e-mail orang lain. Kemudian, pengguna juga bisa memberikan izin pada orang lain untuk turut bersama mengedit dokumen.

Fungsi Google Docs

Fungsi Google Docs mirip dengan program pengolah kata seperti Microsoft Word, tapi fungsi Google Docs untuk mengolah, mengedit, dan menyimpan dokumen. Selain itu terdapat beberapa fungsi Google Docs antara lain.

1.Menulis dan mengedit teks

Untuk menulis dan mengedit teks dengan memakai berbagai alat pemformatan yang tersedia seperti pengaturan tata letak teks, pengaturan font, pengaturan format teks, dan masih banyak lagi.

2.Menambahkan dan mengedit gambar
Google Docs juga dapat digunakan menambahkan, mengedit gambar, menyisipkan gambar ke dokumen Google Docs. Beberapa pengeditan sederhana yang dimaksud seperti mengatur tata letak dan ukurannya.

3.Membuat tabel
Google Docs dapat berfungsi untuk membuat dan menambahkan tabel pada dokumen Google Docs. Penyisipan tabel ke dokumen Google Docs dengan format tabel sesuai kebutuhan.

4.Menyimpan dokumen
Google Docs dapat menyimpan dokumen secara online, sehingga dapat diakses kapan pun dan dari perangkat mana pun.

5.Berbagi dokumen dan mengedit bersama
Google Docs dapat berbagi dokumen dan mengedit bersama yang telah dikerjakannya ke pengguna lain. Kemudian, pengguna bisa memberikan izin untuk mengedit bersama dokumen. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top