Berikut Cara Penggunaan Aplikasi Keychain Access pada MacBook

Jakarta – MacBook memiliki berbagai aplikasi default (bawaan) seperti keychain access yang ditandai dengan ikon kunci dengan latar belakang hitam. Dengan aplikasi ini pengguna bisa menyimpan dan mengelola kata sandi.

Selain itu jika memasukkan kata sandi untuk situs web atau aplikasi tertentu, maka macOS akan menawarkan untuk menyimpannya di keychain. Jadi, pengguna tidak perlu mengingatnya setiap saat.

Keychain Access juga menyimpan sertifikat keamanan yang bisa melakukan otentikasi dan enkripsi data pada sistem macOS.

Aplikasi ini bisa dipakai saat pengguna membuat akun baru di situs web atau aplikasi dengan kemunculan pop-up yang menanyakan apakah pengguna menyimpan kata sandi

Selanjutnya klik simpan kata sandi secara manual di keychain access dengan membuka ini pilih file dilanjutkan new item diteruskan pilih password. Klik ikon buat di pojok kanan atas.

Masukkan informasi keychan item name, account name, dan passwords dilanjutkan dengan pilih add. Kemudian, buka aplikasi keychain access setelah aplikasi terbuka, pilih all items dalam bagian category,

Selanjutnya ketik nama situs atau web di kolom pencarian yang berada di pojok kanan atas aplikasi klik dua kali pada nama situs/web yang tersimpan di keychain access. Kemudian, akan muncul jendela baru yang memuat informasi situs yang Anda cari.

Selanjutnya, centang kotak yang terdapat di kolom show password, masukkan username dan password dari akun perangkat Mac. Berikutnya, kata sandi akan muncul otomatis di kolom show password.

Pengguna bisa menyalin kata sandi tersebut untuk keperluan tertentu. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top