Apple Akan Rilis Sistem Artificial Intelligence di WWDC 2024

Jakarta – Apple akan meluncurkan sistem artificial intelligence/AI (kecerdasan buatan) untuk iPhone, iPad, dan iMac bernama ‘Apple Intelligence’jelang ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024.

Perusahaan ini juga akan menyediakan akses untuk chatbot ala ChatGPT yang diotaki OpenAI.

“Apple akan menggunakan teknologinya sendiri dan tools dari OpenAI untuk mentenagai fitur AI-nya. Apple juga akan mengandalkan sistem AI on-device dan cloud untuk menjalankan fitur-fitur tersebut,” kata Jurnalis Bloomberg, Mark Gurman.

Apple juga akan menggunakan algoritma untuk menentukan apakah tugas tertentu dapat diproses dalam perangkat atau harus dikirimkan ke server cloud.

Sebelumnya, perusahaan ini dikabarkan akan mengandalkan chip M2 buatannya di pusat data yang dilengkapi dengan Secure Enclave. Hal ini untuk memastikan data yang diproses di server tetap aman seperti pemrosesan di perangkat.

Mark Gurman meneruskan Apple tidak akan membuat profil berdasarkan data pengguna. Dan akan membuat laporan yang menunjukkan informasi pengguna tidak dibaca atau dijual ke pihak lain.

Fitur-fitur AI yang ditawarkan Apple akan bersifat opt-in, sehingga pengguna tidak dipaksa untuk mengaktifkan fitur tersebut. Fitur ini hanya akan bisa diakses melalui iPhone 15 Pro atau salah satu iPhone 16 series, iPad, atau Mac yang mengusung chip M1. (adm)

Sumber: detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top