9 Aplikasi USU Diciptakan Selama Kepemimpinan Muryanto Amin

Jakarta – Universitas Sumatera Utara (USU) merilis sembilan aplikasi guna mengimplementasi tridharma perguruan tinggi.

Langkah ini diharapkan semakin memotivasi para mahasiswa untuk mengikuti program-program yang mendukungnya dalam menghadapi dunia kerja.

“Terima kasih sampai dengan tiga tahun ini selama saya memimpin Universitas Sumatera Utara para guru besar, dosen, dan para pimpinan satuan kerja yang bekerja secara ikhlas dan tulus,” kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si.

Pernyataan ini disampaikannya saat  melaunching USU Kampus Digital pada Senin (19/2/2024).

Acaranya merupakan bagian dari ‘USU Run Bareng Rektor’ yang dimulai dari pelataran Auditorium USU dan berakhir di Gedung Pancasila, Sabtu (17/02/2024).

Untuk menciptakan kebersamaan, tidak selalu harus melalui kegiatan formal. Namun, kegiatan yang bersifat menyenangkan tetap bisa menyampaikan pesan guna memperkuat motivasi dan semangat, baik bagi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.

Kpegiatan ini dapat menciptakan suasana yang lebih santai dan menghilangkan sekat antara mahasiswa dan rektor.

“Untuk menciptakan kebersamaan bisa juga melalui kegiatan yang funny. Karena sering mahasiswa ketemu rektor takut, jadi kegiatan ini dapat menghilangkan sekat itu,” ucap Muryanto Amin.

Sembilan aplikasi yang diciptakan selama tiga tahun kepemimpinan Muryanto Amin yakni Sistem Informasi Kertas Kerja Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang menjadi sistem pendukung tersebut bagi
setiap satuan kerja.

Kemudian, Konten Web USU memberikan informasi secara efektif kepada publik melalui platform web sebagai sarana edukasi.

Selanjutnya, Layanan Administrasi Universitas (LARAS) yang merealisasikan program kerja Rektor melalui Direktorat Lalu, Digitalisasi dan Integrasi Sistem Bersama Biro Sumber Daya Manusia (SDM).

Berikutnya, Manajemen Evaluasi Kinerja Aparatur (MEKAR) USU untuk mencatat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan umpan balik dari kinerja seorang pegawai dalam satu periode penilaian.

Selanjutnya, Sistem Informasi Layanan Administrasi (SILA) https://tiket.usu.ac.id/ yang mengedepankan kecepatan layanan dan keakuratan output.

Kemudian, Sistem informasi pendampingan penulisan karya ilmiah dan pengusulan hak kekayaan intelektual (SILIPIHKI) dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan pendampingan penulisan karya ilmiah.

Berikutnya, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) USU guna menjamin mutu gelar akademik yang diberikan.

Lalu, Forum Informasi dan Komunikasi Akademik (FIONA) yang menjadi Forum Diskusi Digital (E-Forum) berbasis website.

Terakhir, Sistem Informasi Penatakelolaan Aset Tetap dan Logistik Terintegrasi (SI-KALISTA) kalista.usu.ac.id.

Hal inu adalah pencatatan, pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan hingga pelaporan terkait seluruh aset yang berada di lingkungan USU. (adm)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top