3 Teknologi Dipamerkan Ericsson dalam Ajang Mobile World Congress 2024

Jakarta – Perusahaan penyedia perangkat keras dan layanan telekomunikasi Ericsson menyuguhkan tiga kategori teknologi dalam ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024 di Fira Gran Via, Barcelona, Spanyol pada 26-29 Februari 2023

Tiga kategori teknologi yang dimaksud yakni capture the value of 5G, programmable networks, dan shape our future together.

Capture the value of 5G merangkum penggunaan dan pemanfaatan (use case) teknologi 5G secara maksimal dari aspek consumer, enterprise, atau public sector.

Salah satu use case yang ditampilkan di venue MWC Ericsson di Hall 2 (2O60) Fira Gran Via Barcelona adalah mengenai pengalaman extended reality (XR).

Use case ini memungkinkan pengguna menikmati konten yang sedang dilihat melalui sudut pandang berbeda dan video yang sedang ditonton tersebut nantigerakan dan gestur tubuh.

“Pengguna tak memerlukan kacamata AR/VR untuk menikmati konten XR yang ditawarkan perangkat jaringan 5G Ericsson,” ujar salah satu penjaga booth Ericsson.

Kemudian, pemanfaatan 5G untuk kepentingan penayangan (broadcasting) supaya tidak terjadi jeda (delay) dan menampilkan gambar berkualitas 4K secara jelas.

Use case 5G untuk meningkatkan pengalaman bermain game olahraga, teknologi jaringan programmable, dan ramah lingkungan

Ericsson juga memamerkan beragam teknologi jaringan yang bisa dioptimasi atau diprogram (programmable) sesuai kebutuhan perusahaan, serta teknologi yang memungkinkan pengoperasian teknologi Ericsson erjalan dengan efisien.

Untuk kategori programmable disuguhkan Ericsson berupa Energy and Power Automation untuk menigkatkan efisiensi daya perangkat jaringan ketika trafik rendah dan dukungan perangkat jaringan 5G untuk komunikasi satelit.

Ericsson memperlihatkan solusi jaringan 5G yang bisa dipakai oleh para pelanggannya supaya tetap ramah lingkungan dan efisien. Hal ini dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi energi antena radio 5G Ericsson dan solusi untuk mengurangi emisi karbon dengan fokus di use case yang mengarah ke digitalisasi.

Teknologi lain yang dipamerkan Ericsson adalah mendemonstrasikan sejumlah solusi 5G yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan bisnis suatu perusahaan.

Beberapa teknologi yang dipamerkan meliputi Network Slicing, API baru untuk jaringan, teknologi Time-Critical Communications.

“Network Slicing bisa mengalokasikan kecepatan jaringan ke aplikasi yang sedang membutuhkan bandwidth besar. Sehingga, pengguna akan merasakan pengalaman maksimal ketika menikmati konten-konten atau mengakses sesuatu,” ujar satu penjaga booth lain.

RAN adalah bagian dari sistem telekomunikasi yang menghubungkan perangkat individual ke bagian lain jaringan melalui koneksi radio.

Teknologi RAN Ericsson fokus di Open RAN, suatu teknologi jaringan terbuka yang diklaim bisa dipakai untuk bisnis cloud dan otomatisasi jaringan.

Hal-hal yang berkaitan dengan Open RAN didemonstrasikan Ericsson dalam sejumlah use case seperti Open RAN untuk sektor industri, aneka layanan RAN berbasis cloud, dan otomatisasi RAN yang lebih pintar.

Teknologi ini diklaim dapat memberikan performa, keamanan, hingga efisiensi jaringan yang lebih baik. (adm)

Sumber: kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top